-->

13 Jul 2009

Kemaren sudah saya jelaskan cara seting emularor ps1 kalau belum membacanya silahkan anda baca dahulu, soalnya nanti takut pusing tujuh keliling. kesempatan kali ini saya akan menjelaskan caranya memulai memainkannya, kalau sudah bisa ya,,, gak usah dibaca lagi (udah bisa gtu loh,,,),,tapi disini saya akan berusaha menjelaskan kepada brow dan ses sekalian yang teman-teman banyak bertanya "gimana sich cara memainkann ps1 di pc setelah kita mensetingnya?" mungkin ada sebagian teman2 yang menanyakan kaya gitu karena gak mungkin hanya dengan menseting doank kita bisa langsung main benar gak??? nah oleh sebab itu disini saya akan menjelaskan caranya.

sebelum masuk pada tahap tutorial anda harus menyiapkan dahulu kaset ps1nya atau format ISO yang akan anda jadikan target untuk memainkannya. karena dua hal tersebut sangatlah penting untuk kita memulainya. yang harus anda ingat bahwa kalau kita memainkan emulator ini menggunakan kaset ps nantinya cd rom anda akan cepat rusak. sebaiknya saya hanya mengingatkan gunakanlah format ISO. tetapi kalau memang ingin menggunakan kaset ya tidak masalah toh bisa kok dan gak akan langsung rusak. berbeda dengan emulator Ps2 yang memang agak berat, cara seting emulator ps2 saja sudah sulit. kalau sudah mengerti ayo lanjut ke tahap tutorialnya :

1. Buka emulatornya maka akan tampak seperti berikut :

cara memainkan ps1 di pc

2. Klik pada gambar yang sudah saya tunjukan, maka akan nampak sbb:

cara memainkan ps1 di pc

3. Kemudian anda klik file, kemudian ada pilihan :

cara memainkan ps1

- Run cd rom (ini berguna kalau anda memainkan emulator dengan menggunakan CD Rom)

- Run ISO (ini berguna kalau kaset/permainan ps1 anda telah berada di hardist dan biasanya formatnya ISO)

- Kalau yang PS-Exe dan Run Bios saya blum pernah mencobanya. kalau gak salah PS-Exe itu kita harus memperarelkan dengan PS1nya dan Run Bios itu kita memulai memainkannya dengan Bios di PC tsb.

4. Selesai anda bisa klik salah satunya dan langsung bisa anda mainkan,,,,

note : kalau anda ingin keluar dari permainan tersebut anda bisa menekan tombol ESC

66 komentar

mas klo dah pasang emulator ps1nya gamenya dari mna??masih harus download ato udah ada??
trus klo download dimna??

sy gak bgrti tolong dibantu ya..makasih

@ Antonim
main gamenya bisa langsung dari kaset PS1nya atau pake format ISO. kalau dari kaset PS ngerinya CD Rom anda rusak, biar aman CD Romnya pake format ISO ja, banyak kok website yg menyediakan permainan PS1 yg berformat ISO contohnya : romhustler.net baca ja postingan saya tentang ISO???
cara mainnya lihat tutorialnya

wah..makasih infonya lengkap bgt bwat orang yg awan kyak w...hehe

@ antonom
sama2 kawan apa gunanya ilmu klo gak saling berbagi, kan ada pepatahnya "ibarat pohon yg tak berbuah"

mas sy mo tanya....

kok sy main harvest moon ga isa di load ya???padahal waktu di save dah sukses...gmna y??

tolong di jawab ya??

@ antonim
bisa kok, biar lebih gampang lagi anda bisa memilih menu RUN-->Save State-->Slot 1 atau berapa ja juga boleh yg penting masih kosong, terus kalau mau load tinggal pilih yg bawahnya ja (load state) pilih dah port mana yg disimpan, enakan dari sini kok waktu savenya jadi dimanapun kita bisa save he,,he,,he,,kaya peke game shark aja loh dimana ja bisa di save (inilah kelebihan main di PC) ok segitu ja klo ada yg gak ngarti tanya lg ja.

ok tq bgt mas...

game shark???mang ada game sharknya ya??gmna tuh caranya???

@ antonim
wah2 bisa gak selesai2 neh jelasinnya, tp gak apa2 yg namanya ilmu gak akan berkurang klo dibagi, pake gameshark juga bisa kok cari aja di website yg udah saya kasih kemaren ada tuh gamesharknya tinggal pemakaiannya yg agak beda, tp untuk sementara begitu aja dulu ya, lagian klo pk gameshark gak enak,tw2 manang!!!kan gak lucu

terima kasih ilmunya slama ini mas....

@ antonim
sama2 brow, kapan2 mampir lg ya ^_^ atau mau request insyaallah saya bantu

Great artikel om..

waudh katingalan jaman neh,baru sempet baca ane,pdhl di google paling atas.

kalow masalah dengan ram dan yang lainya gimana mas ?????????

@ yasri fauzi
maksudnya gmna???klo emulator PS1 ini gampang kok brow di komputer V.3 juga dah bisa ^_^

salam kenal.bos sya pakek emulator downloadan web ini terus saya download Final Fantasy IX (E) (Disc 1) [SLES-02965] dengan format ecm terus uda saya decompres jadi bin downloadan dari emuparadise kok gak muncul gambare hitam semua apa yang slah bos?kasih solusi bos

@ antonim
kmu punya CD final fantasynya gak? klo punya pk CD itu aja dulu, tp klo gak pny anda download dulu di rumhustler.net ok
saya kurang kakin sama hasil kompresan kmu brow.

moga sukses klo gak bisa tanya lg ok

Om, saya udah install dan config udah bener semua., tapi kok gk bisa., pas mw jalanin pake format .bin, mesti ad tulisan "cdrom not found truz programnya nutup sendiri, dah aku coba beberapa file iso dan bin tapi tetep truz.. pliz bantuin.,,

@ akbar ilham
jalanin langsung ke RUN ISO jngan RUN CDRUM

gw main suikoden 2 nih.
udah save.
tp kok besoknya gw mainin,game save gw ag ada?
gw jg udah save pake "run-terus save slot1"
tetep aja,kl gamenya gw close,gw mau load lg,udah ga bisa.
gimana nii?

@antonim
klo mo load, loadnya pas udah main jangan pas lagi loading..
trus klo masalah filenya seve'a hilang coba anda cek lagi apa udah benar2 ke save?...
contohnya : anda lagi main trus sava di slot1 klo sudah teruskan main jangan di close dulu, nah anda cek dah apakah sudah ada atau blum ^^

udah ada.
tp begitu game udah di close.
savenya selalu menghilang.
bingung saya...

@antonim
coba anda extrak file rar yang saya upload diatas di desktp saja, trus anda coba main lagi.
ingat klo ingin main jangan selalu mengextrak file rarnya, jadi selalu memakai file yg udah di extrak di desktop ok ^^
cek dulu ya

tetep ga bisa...
ampun dah..

selama game masih dimainkan emank bisa save dan load.. tp kl game udah di close..kenapa ga bisa di load lg ya bos ??

@antonim
waduh2 saya gak lihat langsung masalahnya sich,tapi anda akalin saja atau coba2 gitu coz saya juga memakai emulator ini untuk main Final Fantasy VII dan saya bisa save dan load games, yg saya mainkan 2CD juga loh, klo gak salah soikoden 2cd juga kan?...

suikoden cm 1 cd kok.
ya udah deh nt saya otak atik.
kl bos cara savenya gimana ?

@antonim
saya pake cara yang sudah saya jelasin diatas kok..

hmmm ente download gamenya dr mana?

@antonim
ente baca postingan saya tentang "http://moenas.blogspot.com/search/label/Trik%20main%20PS%20pada%20PC"
nanti ente akan tahu tempat download saya dimana ^^
dijamin lengkap.......gak perlu beli2an xiixixix...

mas bro, saya dah bisa maenin emulator nya.
tapi yg jadi masalah nya kok game nya jadi lelet bgt ya??
jadi kayak slow motion gitu...
apa nya yang salah....
apa compi saya yg ga kuat ya??
saya pake inte* at*m...
tapi saya baca di forum2 kata nya req CPU buat emulator ini cuma pent*um III.
mohon pencerahan nya mas bro!?!?
thanks b4....

@antonim
yuppzzz bener banget brow pentium 3 juga bisa, coba anda atur dibagian videonya brow lihat di tutorial "cara seting emulator ps1 dipc"lihat langkah yang no.9
okeh...

kok gak bisa ya. saya coba maen harvest moon back to nature pake cd ps1. gimana caranya?

@antonim
gak bisanya dmna?...boting lewat cd (run CDrom) jngan dari iso

kaka..sebelum saya mau download ..

filenya udah ada bios sma plugins nya ga ..?

@antonim
yoaiiiiii...pokoknya udah langsung main xoxoxoxo

Ka moenas gimana sih cara download file game ps 1 iso di Emuparadise.org.........?

Susah bener.... Kasih tyau ya ka... :)

kk aku masih ga ngerti nih?
aku pilih run iso, trus pilih gran turismo 2
tapi ga bisa dibuka programnya
kenapa itu kk ?
maklum kk aku masih awam
mohon bantuannya

@antonim atas
guampang kok anda pergi ke http://www.emuparadise.org/roms/psx/ nah pilih gamesnya trus klik, klo gemesnya ada beberapa CD lihat dibawah karena harus beberapa kali download, klo mo download PS2 harus regiatrasi dulu, banyak kok tempat untuk download games gnian lihat aja di postingan saya "tempat download games ps"
@antonim
gak bisa kebukanya gmna?... klo eror berati ada yg rusak tuh filenya

ni aku ramdan kk yang nanya masalah gran turismo,
begini kk
aku dah pilih gamenya, tapi ada tulisan no items match your search
jadi ga bisa dimainin kk

ntu filenya gak cocok brow. klo sulit mending pake CD ps saja jangan pake format ISOnya soalnya klo mau pake format ISO musti download beberapa kali

kk ni ramdan, kk kalo dari cd di copy jadi file bisa ga?

@antonim
tidak bisa, harus pk softwere daemoon tool atau convert jadiin iso juga bisa, banyak kok caranya ^^

cara convertnya gimana kk?
maaf kalo banyak tanya
maklum masih kelas 7 smp, belum mengerti ilmu lanjutan dari komputer

kk ko ga bisa .... aku kan udah download file iso nya di emuparadise tapi pas di File-->Run iso, trus ada peringatan "cd room not found"

@antonim atas
convertnya coba cari di google aje soalnya klo disini bisa ribet jelasinnya
@antonim
itu mah pesannya ngeRUN dari cd room, coba lihat baik2 tutorial diatas. ada yg salah tuh... perhatikan lagi download filenya apakah udah benar semua

ka moenas benar saya udah pake perintah ngeRun dari iso, tapi ada pesan begitu.... gimana yah solusinya?

@antonim
coba pake kaset cd aje dagh.. minjem ama teman dulu atau download yg lain file ISO

ane mau nanya gan yg namanya ISO itu dalam bentuk file komputer gitu ta ?

@fajar
coba baca postingan saya tentang format ISO brow

gan ane mau nanya nih

kan ane Download game Front Mission 3 nih (2 biji versi NTSC [U] ma [E])

nah pas ane extract ke folder itu bentuk filenya
ECM file

pas ane putar itu game, kagak bisa2 play gan.
itu knapa yah ?

@fajar
yang 2 buji itu ntsc sama ei nya masukin ke dalam satu folder terus run emulator ps1nya ke yang RUN ISO nah pilih deh file yang tadi...
untuk memainkan emulator ini banyak tipe file yg dapat anda mainkan seperti = cue,bin,sub,iso, dll

oke gan monas. ane sudah bisa mainin Game Front Mission 3 ane hehehe .

makasi bnyk nanti klo ane ada pertanyaan ane post lagi ;)

rate 5 Blognya :D

seppp.. jangan lupa mampir2 yoo
nanti saya posting gimana caranya memainkan emulator ini menggunakan kaset yg telah di copy di hardist.

saya baru aja download harvest moon ,semua petunjuk udah diikutin dan udah download emulator, file juga udah di extract tapi kok engga bisa juga ya .

mohon bantuannya

pesannya gmna brow?..

coba lihat file hasil downloatannya benar2 berhasil gak?... takutnya ada yang kurang, terus format gamenya apa?..

kk gmn sih caranya next dari disc1.ISO ke disc2.ISO untuk emulator kaya final fantasy soal'a aku dah selesai di disci'a....mohon bantuan nya dong kk....
thank y..

makasih kk... tutorialnya lengkap....akhirnya aq bisa bernostalgia ps 1 ^_^

kk ko gamenya jadi cepet ya? pas saya play ada gambarnya cma cepet bngt cuplikannya....

@christtie
bisa kok di next, setelah minta masukan dist2 close emulatornya dengan menekan esc trus langsung run iso lagi ke cd yg kedua okeh
@antonim
coba kamu atur lagi di bagan videonya, lihat saja koment teman2 diatas

Numpang tanya nih.. saya kan sudah Mengikuti Seperti di atas... tapi pas di Run File Isonya ada Pesan ePSXe.exe has encountred a problemand needs to close. we are sorry blablabla....
bagaimana tuh ??
apakah PC saya yang Bermasalah ??
atau Settingan PC saya ??
soalnya semua Game pasti Munculnya begituan...

Minta Bantuannya Om ...

Terimakasih
Salam :
Sharetrick-komputer.blogspot.com

@tips trik
download emulatornya ada yg coroup tuh, coba download lagi dan pastikan besar filenya benar

gan,mau nanya
kemarin aq bru saja download ePSXe tp pada saat aq buka ePSXe x muncul seperti ini "this application has failed to start because zlib1, dll was not found. re-installing the application may fix this problem" bagaimana cara x mohon penjelasan x "thanks sblum x"

@antonim
downloadnya dah selesai secara full blum?.. coba anda cek besar filenya sudah benar apa blum?.. karena menurut saya file yg anda download tidak lengkap atau terputus ^^

sudah full gan tp pda saat extrak file yang "epsxe.chm" mlh muncul diagnostic messages

@antonim
wadohh baru tuh ngalamin seperti itu, pcnya ada problem gak?.. soalnya teman2 diatas sudah pada sukses semua xexex

permisi,, klau format'a bin, gmna ya main'a,,??
run iso jga atau yang laen,,??

@antonim
sama saja mau iso atau bin tetAp bisa kok dimainin. cara mulai mainnya lihat ditutorial ya