-->

1 Okt 2010

Mungkin banyak teman-teman yang mempinyai masalah semacam permasalahan seperti Blue Screen pada Pc, karena beberapa bulan yang lalu saya mempunyai permasalahan seperti ini, eh..jadi pengen posting tentang gejala sebab-akibatnya terjadi blue screen, kerena saya pikir moga-moga hasil sharing saya berguna bagi teman-teman sekalian, karena sewaktu saya mempinyai pernasalahan semacam ini saya bingung 7 keliling, eh..setelah search di mbk google saya mengetahui penyebabnya.

Kalau permasalahan saya dahulu yaitu karena saya menginstal softwere atau driver ada yang bentrok dengan softwere atau driver yang lain, kira-kira pesannya seperti ini "IRQL NOT LESS OR EQUAL (0X0000000A)" jadi bagi teman-teman yang mempunyai permasalahan seperti saya silahkan cek program-program anda yang terinstal xixixi...

Sebenarnya banyak sekali pesan-pesan blue screen ini, sampai ada 10 pesan blue screen dan semua sebabnya berbeda-beda jadi bagi anda yang mempunyai masalah dengan blue screen silahkan simak pesan-pesan di bawah ini :

1. IRQL NOT LESS OR EQUAL (0X0000000A)

Ini merupakan biangnya biang kerok pada Bios. Kenapa? Karena umumnya pada Bios, pesan ini yang paling sering muncul. Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidak cocokan driver yang terinstall di komputer.

Daftar Penyebab :
- Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok
- Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
- Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS FILE SYSTEM atau FAT FILE SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Nah, pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau file systemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau ATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED KERNEL MODE TRAP (0X0000007F)

Bila Anda mendapatkan pesan seperti ini, dapat disebabkan karena:
- Overclock Hardware yang berlebihan
- Komponen komputer yang kepanasan
- BIOS yang korup
- Memory dan CPU yang cacat

4. DATA BUS ERROR

Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5. PAGE FAULT IN NONPAGED AREA

Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE BOOT DEVICE

Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO DRIVER INIT FAILURE

Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD POOL CALLER

Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9. PEN LIST CORRUPT

Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10. MACHINE CHECK EXCEPTION

Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

Demikin pesan-pesan tulisan yang suka timbul dilayar komputer seiring dengan terjadinya blue screen, kalau masih ada yang kurung silahkan anda lengkapi di kolom komentar. oh iya file ini saya dapatkan dari mbh google jadi saya gak menyertakan nama sumbernya karena memang saya sudah lupa xixix...

49 komentar

posting pengalaman sangat bermanfaat sodara, lebih banyak lagi

Aku belum pernah mengalami blue screen ini.
Virus yang pernah hehe

bener sob...kalo udah bluescreen bikin tukang gosip jadi pusing tujuh kelingking, eh keliling..

walau belum pernah mengalami, tapi artikel ini sangat bermanfaat.
makasih ya.

kalau aku ya lapor ama juragan aja...hihi...mumet duluan sih...

Blue screen jadi momok saja

salam sobat
kini saya tahu cara mengatasi blue screen pada komputer.
trims sudah berbagi ilmu.

alhamdulillah sampai sekarang belum pernah ketemu sama yang namanya blue screen, tapi sangat bersyukur sekali sudah ada yang kasih tahu ilmunya, ini sangat brmanfaat sekali untuk para sahabat2 kita yang kebetulan mengalaminya.
trims atas ilmunya sudah mau berbagi pengalaman, sukses selalu n tetap semangat

nice info sobat, untuk referensi aku nanti saat membutuhkan. trims ya ^_^

driver modem CDMA aku yang bermasalah mas sering kali blue screen jika sudah online

mantabs brow,ente memang paling tahu sola beginian...

Wahhh... ini kayak kasus di kompi temenku nich.....

beberapa hari yang lalu aku pernah ngalami kasus ini.. berturut2 selama 3 hari malah, cuman sayang aku ga baca secara detail pesan errornya apa.. waktu itu sih aku langsung restart dan selesai deh..nyala lagi..:D
(nti klo dah bener2 parah dan ga bisa nyapa lagi, baru deh panggil ahlinya..hehehe.. payah banget yah..)

@berfikir fositif
yo'i itu karena faktor driver
@mbk lin
klo kasusnya sama kaya saya yang diatas tinggal uninstal ja yang berada diadd remove pasti beres lg

meski iq ane agak lola ane ikutan kursus gratis disini, mangteb bennerr.. blue screen juga temen gara-gara condensator di mo-bo ada yang njeblug he he.. thanks tipnya brow.. maaf baru o.l lagee :D

dulu sering kena blue screen pada point no 2,,, tau2nya HDD rusak huhuhuhu sediiiiiiiiiiiih T^T

pernah ngalamain blue scereen kayak ginii sobb tapi gak perhatiin bgt titik masalahnya...langsunng instal ulang aje dehhh

wah aku belom pernah ngalamin blue scereen kayak gitu, tapi aku save aja ah, siapa tau nanti berguna :))

assalamualaikum
alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi dan menyimak posting baru dari blog ini
sungguh posting yang Anda sajikan selalu segar dan menarik untuk disimak
saya juga masih harus banyak belajar
nah kebetulan saya baru saja membuat posting baru
silahkan untuk disimak dan diberi masukan
saya tunggu kedatangan Anda di http://www.kangmusa.com
terima kasih banyak
salam hangat
kangmusa

Terus berbagi kawan. Salam

@ all
thanks telah berkunjung

bantaii brow...brow btw blog ente diberikan site listing ama mbah google loh,cek di google..

wah, aku gaptek bro, biasanya langsung aku bawa ke tukang servis he he...

wahh...
kebetulan banget sob..
ane baru kena nie..

pesan errornya :

STOP: c000021a {Fatal System Error}
The Windows Logon Process system process terminated unexpectedly with a status of 0xc06d007e (0×00000000 0×00000000).
The system has been shut down.

tapi alhamdullilah udah baikan...

makasih ya SOb :)

Wah, saya juga pernah merasakan terkena blue screen dan bingung banget itu kenapa.. mungkin nanti saya pakai tips dari mas moenas ini.. Thx y mas informasinya.. :D

@ All rekan-rekan para sahabat blogger, para pengunjung serta para komentator semuanya >>>> mohon doa kesembuhan untuk rekan kita, sahabat kita Bapak Ipin pemilik blog (perawatan-ac) atas musibah kecelakaan (kesrempet mobil truk pasir) pada hari ini 5 okt 2010. alhamdulillah masih diberikan keselamatan oleh Allah SWT (hanya luka-luka ringan) terima kasih.

ASALULLOOHAL 'AZHIIMA ROBBAL 'ARSYIL 'AZHIIMI AYYASFIIK (3X), Artinya :“Aku memohon kepada Allah yang Maha Besar, aku memohon kepada Allah yang Maha Besar, Tuhan 'Arsyi yang Maha Agung, mudah-mudahan Dia memberikan kesembuhan kepadamu (3X)”

@mas harto: amiiin, amiin ...amiin.. met aktifitas brow.. ke rumah mas ipin dulu... kabuurr

@pak harto
thank atas infonya
@all
thanks dah mampir + comeng

Dulu tiap kena bluescreen, langsung aja install ulang, tapi sekarang harus dicari dulu permasalahannya. Memang banyak sekali penyebab terjadinya blue screen.
Postingan yang mantab Nda ...

mantabs ,ada site listingnya blog moenas,,,:))

Thanks infonya sob.. Mudah-mudahan sih tidak mengalami hal itu..

datang diblog yang rame ini..ane masih newbie mohon bimbinganya kakak wkwkwk..
cukup satu kata untuk postingan ini, kata MANTABBB..inilah kata2 yg selalu ente keluarkan hingga buat mata ini enggan untuk melihatnya karnah udah bosen wkwkwkwk

@om tejo
wkwkwkwkw....

I hope it never ever happen to men

Regards,
E-mail : wisatabintet@gmail.com
Website : http://roadofvictory.blogspot.com/

ikut kursus gragreatn...mangtab brow.. wkwkwkwk..

Biasa dapat pesan blue screen sob tapi gak parah2 amat, masih bisa di atasi sob,,,,,

kalo aku sering!
Tapi cuman kalo buat main PES 2011... (bajakan sih)
Trus RAM juga minimal (cuma 970 MB).

Menurut pesan di blue screen, yg error tu file igfxdrv.dll (ato mirip2 gitu namanya, lupa)

Ntu knapa ya? :D

@bukan begitu
pesannya gmna?...
lebih spesifik donk pasti kata2nya ada diantara 10 itu...^^(klo menurut saya soft ada yg bentrok atau corupt) tp lebih jelasnya lihat lebih spesifik aje

Gatau yg kategori mana...
Tapi menurut tulisan yg muncul "ke-error-an" terjadi pada igxprd32

The device driver got stuck in an infinite loop

Gimana O.o?
Soalnya cuman muncul kalo lagi maen PES 2011 :)

@bukanbegitu
mungkin ada yg bentrok kali brow dengan permainan PESnya

thanx kang buat infonya.

Mampir ya kang ke blog ane..!

www.indocaos.blogspot.com
YM : indocaos

Hidup blogger ....

http://jakartacity.olx.co.id/supplier-kaos-promosi-iid-147641673


mamprir bosss

boleh infonya gan....thanks
makasih infonya bos… patut d coba neh

@rental laptop
sama2 brow, silahkan disave klo perlu

Saya juga pernah ngalamin masalah yang ke 2

makasih banyak ya gan atas infonya