-->

8 Jan 2010

Setelah menjelajah mbh google akhirnya saya menemukan tips Instal Windows Dari USB, saya langsung serentak berkata (asyikkkkkkkk akhirnya ada juga trik ini) ternyata ada cara yang lebih mudah, jsekarang kita tidak perlu capek-capek lagi instal windows xp dari cd lagi dah. dan tentunya tidak perlu lagi yang namanya burning-berning CD windows lagi, karena yang namanya CD windows itu rentang sekali yang namanya rusak. saya pikir daripada rusak terus mending pakai USB saja biar gak rusak2 ya gak??, tapi sayangnya yang saya temukan di mbh google dahulu kala gak ada tutorialnya, jadi saya agak pusing menyetingnya. mangkanya disini saya akan membahas bersama dengan tutorial gambarnya biar anda tidak pusing kaya saya. trus gimana mau gak???

Sebelum Kita mulai tutorialnya lebih baik anda siapkan dulu alat2 yang akan anda perlukan untuk menyeting USB anda menjadi USB yang terisi Windows anda :
1. USB (flash dist) min 700m (ada gak tuh)????
2. Komputer (PC) yang sudah lengkap dengan CD Romnya
3. CD Windows anda (mungkin bajakan semua kali ya...)
4. Program yang diperlukan untuk memformat USB anda
a. USB PREP8 Download disini
b. PeToUSB Download disini
5. Kopi Susu tanpa soda,,,...

Kalau alat diatas sudah lengkap sekarang tinggal proses memasukan file2 windowsnya kedalam USB kita, yaudah bagi yang berminat langsung saja ikuti tutorialnya,,,,,

1. Masukan USB anda yang ingin anda jadikan tumbal, catat tempat drivenya bisa F, G, I, J, K, L atau apalah pokoknya jangan sampai salah ya.

2. Extrak file yang anda download tadi (USB PREP8 dan PeToUSB) kedalam satu Folder misalnya anda buat folder baru dengan nama moenas blog, maka masukan hasil extrak kedua file tersebut kedalam folder moenas blog tersebut (mudahkan).

3. Masukan CD Windows anda kedalam CD Rom PC anda.

4. Kemudian buka Folder moenas blog anda buat tadi yang berisi file2 extrak'an USB PREP8 dan PeToUSB.

5. Lalu jalankan file yang bernama "usb prep8.cmd" akan muncul windows command prompt yang berisi berbagaimacam perintah, tekan saja m agak melambangkan anda cinta blog saya ahahaahah,,,sebanarnya apa saja juga boleh.



6. Selanjutnya dilayar komputer kamu akan muncul program PEtoUSB yang meminta untuk memformat USB kamu , lihat drive mana USB kamu berada kalau sudah benar langsung klik start aja ok.



7. Kalau proses format sudah selesai, Tutup program PeToUSB (jangan tutup windows command prompt usb prep8.cmdnya) di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5, Perhatikan Nomer2nya karena saya akan menjelaskannya.



8. Tekan Nomer 1 pada keyboard anda untuk memilih sumber file instalan windows (Tempat dimana drive CD windows anda diletakan kalau E ya E kalau F ya F dsb)

9. Karena kita memakai CD Rom atau CD instalan windows maka Opsi yang Nomer 2 bisa kita lewati, Sekarang kita langsung pada Opsi yang ke 3 yaitu untuk mengetahui dimana letak drive USB anda, karena drive ini akan dimasukan instalan windows jadi jangan sampai salah ya kalau letak USB anda E maka tekan E pada kerboard dsb.

10. Kalau sudah selesai sekarang berlanjut pada proses akhir yaitu tahap pengcopyan file dari CD windows anda ke tempat USB anda, anda bisa tekan Opsi yang Nomer 4. jadi tunggu saja hingga proses berakhir, lamanya sekitar 15 a/d 20 menit, tergantung dari spek PC anda masing2 jadi tunggu saja.

11. Setiap ada kotak konfirmasi yang muncul jawab dengan Yes atau OK hingga proses selesai.

12. Kalau sudah selesai anda tinggal mencabut USB anda dari PC anda, Sekarang bisa anda coba di PC anda tapi sebelumnya atur Biosnya agak booting dari USB.

Note : Cara ini Sudah saya lakukan dan berhasil.

19 komentar

Gan, aku dulu pernah nyoba pake USB flash yang 8GB tp kok gak bisa ya? kalau USBflash yang 2GB bisa tuh? ada solusinya gak???

Thanxs gan :D

ane kira cuma linux yang bisa begini.. mantaf bgt tipsnya.. ane kantongin bawa pulang.... thanks bro..

@ Kelirirenk
bisa brow cuma klo untuk vista dan wind seven batas min USBnya mungkin 3Gb
@ Wawan's
itu terletak dari USBnya brow yang mungkin gak bisa, kalau boleh saya tebak pasti merek USB antara 8Gb dengan 2Gb pasti berbeda!!
@ All
Thanks semua yg dah berpartisipasi disini

Ow gitu, tp gan merknya sih sama. tapi cuma beda jenisnya/modelnya aja? mungkin itu X ya yang jd masalah :D, Thanxs gan!

ga bisa langsung ya.....dari CD langsung copy ke flashdisc......baru deh install....tapi ada step stepnya....geuningan.......

perlu dipelajari lebih lanjut.......karena mungkin suatu saat memerlukannya kalau netbook saya bermasalah atau perlu install ulang..

salam.

ow ic ic..thank you infonya :p nanti di coba lsg hoho..* Teee sateeeeeeeee*

oh ya sob..kebetulan tadi lagi instal xp pke flashdisk ,,tapi pas udah mau partisi error sob,,,lagi berkunjung ke blog sobat ngasi setoran kebetulan ada artikel kayak ginian,kirain ada solusi buat errornya,,tolong donk solusinya

@ Hariz
brow erornya ky gmna??mungkin program di USBnya ada yang corroup kali, coba format ulang lg USBnya moga2 bisa.

@ Hariz
coba ja di format ulang lagi brow, pasti bisa lg (amin)
@ Ipin
gak bisa brow ini khusus, tar klo dicampur kena virus dah filinya ada yg hilang,
mangkanya jangan yg 2GB sayang2 he,,he,,he,,

@ Rachmat
bisa ja brow
@ the international
sama2 brow
@ Kucing
ahahaha 700 meter bisa juga tuh,sory klo bikin binggung maklum acak kadut namanya juga wkwkw

Wah.. Flashdisk 4GB ku rusak nih..

Binun nih.. Btw, cara copas langsung dari cd windows ke flaskdisk gitu bisa gak yah ? :D

@ lina
salam kenal juga brow, silahkan ambil ja deh
@ Lina marlina
ahahahaha....ya gak bisa lah bu,karena kan USBnya butuh booting untuk memulai penginstalan ok, moga2 jelas

" coneksi lagi lemot tp artikel jalan terus ya mantabbbb dah "

Iyaaaa... setelah beberapa kali error akhirnya sukses deh.. Klo buka blog sendiri lumayanlah.. khan ada cookiesnya.. Mau ????? :D

@ Lina marlina
Mau,,mauuu
@ Shin-kun
Silahkan kawan

gan...!!ak sring dengar ngistal pake usb dan sering lhat tutor2 yang bahs mslah ini,....tapi jujur aja boosss...!!!ini penjelasan yang paling gamblang dn sngat jelas,..dan mudah jalaninnya,..GL...share terus ya booss,...amin

nambahin boos..... bukan trik ini aja yang memudahkan,..tapi semua trik yang booss posting sngat mbantu

@ eddo
wah saya jadi melayang-layang neh, tarik saya donk tar gak balik2 neh ahahahaha.,..,.
thanks brow, ane cuma ingin menjelaskan dengan semudah mungkin kok, mudah2an langsung ngarti he,,he,he,,

weeesszzz.... artike'a mo dicoba neh...
mantap ne gaN...

@ hp
bisa brow silahkan ja coba
@ ceurape
langsung coba brow